Senin, 23 Juli 2018

ILMU

Post oleh : KKD MAN 3 Medan | Rilis : Juli 23, 2018 | Series :

Assalamualaikum sahabattt..
Apa kabarnya nihh😊
semoga senantiasa dalam lindungan allah...
Jadi gini nih sahabatt..
       Manusia lahir ke dunia dilengkapi dengan seperangkat kemampuan internal, yakni rasa ingin tahu (curiousty) tentang sesuatu. Setelah sesuatu itu diperoleh, dengan akalnya manusia dapat memilah-milah sesuatu dengan jenis dari sesuatu itu. Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh makhluk Allah lainnya..Akal sebagai titik pembeda yang fundamental antara manusia dengan lainnya..
        Jadi intinya,  sahabat.. Manusia udh dikarunia ilmu oleh allah swt.. Sejak dia lahir ke duniaaa...
Btw ya sahabat... Bagaimana sih ilmu dalam konsep islam itu.. Naahh ini dia..
        Ilmu dalam bahasa Arab diambil dari kata ‘ilm, artinya kejelasan atau al fahm(memahami sesuatu). Kata ilmu dalam Al-Qur’an disebut sebanyak 854 kali dalam berbagai bentuk. Wahhh banyak ya sahabat. 
       Kata ilmu sendiri sering disandingkan dengan kata pengetahuan. Masing-masing memang memiliki arti tersendiri. Namun keduanya terdapat kaitan yang tidak dapat dipisahkan..
        Menuntut ilmu itu juga ada adab nya juga  loh.... nah disini akan menjelaskan 5 aja sahabat.. Okeh ini dia sebagai berikut:
1)Berwudhu..
    Ilmu bersumber dari allah yg maha suci. Untuk menerimanya tentu juga lebih baik dalam keadaan suci..
2)Mandi dan memakai wangi-wangian(khusus laki laki nih)
    Menurut penelitian, aroma terapi or wangi wangian sangat bermanfaat bagi relaksasi urat syaraf.. Dengan itu badan akan terasa nyaman dan proses menuntut ilmu juga menjadi lebih efektif.
3)duduk iftirasy (duduk tahiyat awal)
     Sebagai org yang beriman, hendaknya kita meyakini bajwa duduk iftirasy adalah posisi terbaik dalam menuntut ilmu. Seperti yg pernah diajarkan rasulullah saw.
4)tawajjuh (konsentrasi)
    Ketika menuntut, hendaknya kita berkonsentrasi penuh, tidak melamun., jangan memikirkan hal lain ya sahabatt.. Atau jgn bercerita dengan temen semejanya kita harus selalu ingat bahwa menuntut ilmu itu kegiatan yang LUAR BIASA..
5)ta'zim wal ikhtiram (mengagungkan dan memuliakan)
     tips penting untuk memunculkan cita rasa ilmu adalah jika kita mendengarkan ayat, hadis, atau materi pelajaran.. Anggaplah itu hal yg baru pertama kali di dengar sehingga kita akan senang dan akan selalu berusaha melekat dalam hati 💚..
...... Dalil naqli tentang menuntut ilmu.....
Q. S. Mujadilah\58:11
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
...................................................................
"Menuntut ilmu adalah takwa..
  menyampaikan ilmu adalah ibadah
  Mengulangi ilmu adalah zikir
  Mencari ilmu adalah jihad... "
.................... Imam al ghazali...................
     
         Demikian saja pada kesempatan kali ini.Apabila ada kesalahan penulis mohon dimaafkan. Kesempurnaan hanyalah milik Allah dan datangnya dari Allah.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

#KKD_allahuakbar
#man3medan

google+

linkedin

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
uhubituquann
Admin
4 Maret 2022 pukul 05.13

Mango Habanero Casino - Mapyro
Mango 천안 출장마사지 Habanero is the most 남원 출장안마 popular of all types of habanero and other types of chili. With a very 하남 출장안마 spicy 김해 출장마사지 taste and a fruity heat profile. You'll taste 순천 출장안마 your

Reply

Mengapai Ridho Allah dengan Ikhlas

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Sahabat, Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam. Shalaw...